Definisi
: Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan
mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.
Berbagai aktivitas kehidupan manusia
dengan menggunakan komputer :
1. Perbankan
|
5. Rumah Sakit
|
9. Rekreasi
|
2. Perdagangan
|
6. Pendidikan
|
10.
Hankam
|
3. Industri
|
7. Seni
|
11.
Komunikasi
|
4. Transportasi
|
8. Penelitian
|
Bidang Perbankan
• Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit
dan debit)
|
• Penyimpanan data
|
• Pemrosesan transaksi secara on-line
|
• Pembayaran tagihan secara on-line
|
Bidang
Perdagangan
• Memproses data transaksi dalam jumlah yang
banyak.
|
• Menyimpan hasil transaksi, persedian
barang-barang (stock).
|
• Pembuatan laporan keuangan, faktur,
surat-surat, dokumen dan lain-lain
|
• Selain pembayaran tunai bisa juga secara
elektronik
|
Bidang
Industri
• CAM – Computer Aided Manufacturing untuk
meningkatkan produktivitas
|
• CAD – Computer Aided Design untuk merancang
produk industri misal : mobil, dll
|
• Penggunaan robot yang dikendalikan oleh
komputer dari jarak jauh.
|
Bidang
Kedokteran
• Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit
pasien.
|
• CAT – Computer Axial Tomography untuk
menghasilkan gambar sinar-X bergerak.
|
• Membantu tuna netra membaca dengan teks
khusus.
|
• Menyimpan riwayat penyakit pasien,
penggajian karyawan RS
|
• Mengelolaan persediaan obat-obatan.
|
Bidang
Pendidikan
• CBE – Computer Based Education sebagai alat
pembelajaran.
|
• CAI – Computer Assisted Instruction
digunakan pendidik untuk menyampaikan
arahan
dalam pelajaran.
|
• Menyimpan data-data pendidik dan para
murid, materi belajar dan soal-soal ujian
maupun
latihan.
|
Bidang
Seni
• SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat
musik seperti bunyi gitar dan piano.
|
• Untuk proses penciptaan lagu.
|
• Untuk menghasilkan animasi dalam film-film
kartun dan special effect.
|
Bidang
Penelitian Science
• Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan
data.
|
• Penelitian ruang angkasa
|
• Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar
awan.
|
Bidang
Rekreasi
• Sumber alat rekreasi seperti games on-line.
|
• Roller Coaster yang dikendalikan oleh
komputer
|
Bidang
Hankam
• Kapal perang & kapal terbang dipasang
peralatan komputer untuk membantu
navigasi
atau serang yang lebih tepat.
|
• Untuk simulasi perang atau terbang
|
Bidang
Komunikasi
• Telekomunikasi yaitu teleconference.
|
• E-mail, voice mail dll
|
• Modem sebagai alat sarana komunikasi antar
komputer dengan internet.
|
Isyu Sosial
Dampak
Positif
1. Komunikasi yang lebih baik.
|
2. Transportasi data yang cepat & aman.
|
3. Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat.
|
4. Efisiensi tenaga kerja
|
Dampak
Negatif
1.
Manusia tergantung dengan komputer.
|
||||||||||||||||||||||||||||
2. Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih
cepat & teliti.
|
||||||||||||||||||||||||||||
3.
Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.
|
||||||||||||||||||||||||||||
Masyarakat informasi lahir pada tahun
1956 yang merupakan fenomena dimana terdapat jumlah pekerja ahli dibidang
tehnik, manajemen dan administratif melampaui jumlah buruh.
Masyarakat
baru itu muncul karena :
Sejak saat itu mulailah perkembangan
didunia informasi, yang jika masyarakat industri dahulu mengutamakan modal
sedangkan masyarakat informasi lebih mengutamakan keahlian.
Contoh : perusahaan IBM, AT&T,
Intel, Motorola dan lain sebagainya yang memiliki tenaga ahli dalam jumlah
yang besar, kemajuan usaha mereka sangat ditentukan oleh penemuan-penemuan
baru dalam ilmu pengetahuan.
Ciri masyarakat informasi ditunjukkan
dengan makin tersedianya computer bagi masyarakat, ketergantungan yang
semakin besar terhadap jaringan komunikasi yang menghubungkan perumahan, kantor
dan pusat-pusat data dan membesarnya pengaruh dari elektronika mikro dalam
kehidupan masyarakat.
Aplikasi-aplikasi
yang ada dimasyarakat :
1. Surat elektronik
Pengiriman
surat melalui jaringan computer
Contohnya
Email
2. Konferensi jarak jauh
Salah satu bentuknya adalah pengiriman
pesan kebanyak peserta konferensi sekaligus, yang beroperasi pada jaringan
komunikasi data paket.
Konferensi jarak jauh merupakan evolusi
dari system surat elektronik, dimana adanya keinginan untuk menyampaikan
pesan ke beberapa penerima sekaligus. Keinginan untuk tidak hanya
mendengarkan suara tapi juga citra visual yang ditampilkan merupakan kemajuan
dari konferensi jarak jauh.
Electronic Information Exchange System
(EIES), dikembangkan untuk menemukan hal-hal yang dianggap penting dalamkonferensi
computer jarak jauh. Perkembangan terakhirnya adalah
Video Conference, suatu bentuk
konferensi jarak jauh dengan kemampuan untuk menampilkan gambar atau citra
pembicara.
Kelebihan yang bisa diperoleh jika
menggunakan Video Conference adalah mengurangi biaya perjalanan, meningkatkan
kemampuan koordinasi sehingga dapat meningkatkan persaingan dipasaran.
3.
Video text
Pemakai dapat melakukan transaksi
ekonomi dengan menggunakan suatu perangkat khusus yng terdiri dari televisi
dan keyboard untuk melakukan jenis-jenis kegiatan sebagai berikut :
◊
Penganbilan kembali informasi, seperti data base, surat kabar
elektronik hiburan, olahraga, pelayanan kesehatan dan masyarakat.
◊
Transaksi
◊
Penyampaian pesan
◊
Monitoring jarak jauh
◊
Komputasi sebagai terminal computer
◊
Bekerja dirumah bentuk pekerjaan yang bisa dilakukan dengan
bersosialisasi dapat dilakukan dari rumah seperti agen perumahan agen
perjalanan, tenaga pengolah data dan lain sebagainya
◊
Pendidikan dirumah, dengan alat ini yang memungkinkan kita
berinteraksi langsung dengan pendidikan tanpa memperhatikan perbedaan jarak
dan ruang waktu lagi
Tiga jenis pelayanan informasi utama
yaitu :
Masalah yang akan dihadapi masyarakat
dengan adanya masyarakat informasi :
|
Pandangan
kedepan terhadap masyarakat informasi :
1.
|
Pengikisan
terhadap kepentingan nasional
|
2.
|
Terhentinya
arus informasi
|
3.
|
Meningkatnya
pengangguran
|
4.
|
Masalah
kawasan industri
|
5.
|
Reorganisasi
ekonomi
|
6.
|
Ancaman
terhadap kebudayaan nasional
|



0 comments:
Post a Comment
[+] Posting Sesuai Isi Pos
[+] Jangan Komentar Berbau Sara, Kotor atau Sejenisnya
[+] Jangan Menaruh Link Hidup maupun Mati
Terima Kasih :)